Thursday, April 19, 2018

Sebuah Cerita Tentang Alat Berat Bernama Handpress

handpress hijau, handpress impor, handpress KAM, handpress made in taiwan, handpress alat pasang mata ayam, alat pasang paku centang, alat pasang keling, alat pasang eyelet

Alhamdulillah..
Sudah lama sekali rasanya keinginan untuk membeli dan memiliki alat yang satu ini muncul dan baru kali ini baru bisa terwujud. Ternyata benar, Allah akan memberi segala sesuatu yang kita butuhkan tepat pada waktunya 😋Sekian lama ditunda-tunda, akhirnya terbeli juga. Alhamdulillah.. 😍

Jadi ceritanya, sejak tahun lalu saya coba search alat berat satu ini di beberapa marketplace ternama di Indonesia. Harganya mulai dari Rp300.000,- belum termasuk type dan ukuran matras yang diperlukan untuk memasang ragam kebutuhan crafter. Disamping harganya yang cukup mahal, ongkos kirim benda berat yang satu ini-pun tidak bisa dibilang murah. Mengingat berat benda ini saja sudah 5kg. Bisa kalian kalkulasikan sendiri dong berapa ongkos kirim yang harus ditanggung untuk pembelian benda ini?

Sebelum saya meyakinkan diri membeli handpress ini, terlebih dahulu saya sudah mencari tau beberapa informasi melalui search engine dan beberapa group craft di Facebook. Pada dasarnya, mesin handpress ini terdiri dari 2 jenis, lokal dan impor. Handpress lokal berwarna hitam dan body-nya jauh lebih kecil juga ringan dibanding handpress impor yang berwarna hijau. Dari beberapa keterangan yang saya dapat dari kawan-kawan crafter lain pula, matras handpress lokal jarang sekali yang bisa dipasangkan pada handpress impor. Sedangkan kebanyakan toko bahan dan alat craft lebih sering menjual matras untuk dipasangkan pada handpress impor. Hal ini disebabkan oleh jarak bidang tekan antara handpress lokal dan impor berbeda. Handpress impor memiliki jarak bidang tekan yang lebih tinggi dibanding handpress lokal hitam.

Agar nantinya saya tidak repot ketika akan berbelanja matras dan tidak terpatok hanya pada satu toko saja, saya memilih membeli handpress impor yang berwarna (cat) hijau (ada list merah bagian tengah gagang) made in Taiwan dengan merk KAM. Perlu diketahui, ada juga handpress made in China berwarna hijau tanpa list merah bagian gagang (polos) namun tanpa merk. Jadi, telitilah sebelum membeli ya. Soal harga, handpress impor dari Taiwan dan China juga memiliki selisih harga yang cukup besar. Umumnya harga handpress impor China dan handpress lokal hitam harganya hampir sama.

Fungsi handpress sebagai alat pasang mata ayam (eyelet) dan paku centang (rivet/keling) berbeda dengan handpress alat cetak kancing bungkus ya teman-teman. Beberapa teman crafter ada yang belum bisa membedakannya. Perbedaannya, ada pada bagian tuas. Jika handpress kancing tuasnya diputar, maka handpress mata ayam ini ditekan ke bawah.

REVIEW
Setelah beberapa kali menggunakan handpress KAM ini untuk memasang mata ayam dan kancing rivet, perbedaan jelas sekali terasa. Jika sebelumnya saya menggunakan alat gethok khusus, dengan menggunakan handpress, saya lebih hemat tenaga dan minim suara. Hasilnya pun jauh lebih rapih dan lebih kuat dibanding menggunakan alat gethok manual.

Berikut adalah produk rajut yang paku centang dan mata ayamnya dipasang menggunakan handpress:
Krisan Chevron Drawstring Slingbag, tas rajut chevron, tas rajut serut, drawstring bag, cara pasang mata ayam, cara pasang paku centang, handpress hijau, tas rajut
Contoh pemasangan mata ayam dan paku centang menggunakan handpress

TIPS
Untuk kalian para crafter yang ingin membeli prouduk serupa, saya memiliki beberapa tips yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

  1. Jika ingin membeli produk ini secara offline, carilah informasi selengkap mungkin mengenai bakal produk yang ingin kalian beli sehingga saat nanti sampai di toko, kalian sudah memiliki gambaran produk, harga jual dan beberapa perbedaan deskripsi produk. Kenapa? karena beberapa toko offline mungkin akan memiliki perbedaan cara penyampaian deskripsi produk yang mereka jual. Agar tidak rancu dengan deskripsi yang diberikan pedagang (bagaimanapun, pedagang tentu ingin barang dagangannya laku, hehe).
  2. Jika ingin membeli produk ini secara online, carilah toko online yang terpercaya. Lebih bagus lagi jika kalian sudah berlangganan. Jika belum, kalian bisa memilih beberapa marketplace nasional seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll yang insyaAllah bisa menjamin transaksi kalian dengan aman. Sebelum transaksi, galilah informasi sebanyak-banyaknya melalui fitur chat apa-apa yang ingin kalian tanyakan mengenai produk.
  3. Jika belanja secara online juga, pilihlah layanan jasa kirim yang terjangkau dan terpercaya mengingat benda ini cukup berat jika harus dikirim menggunakan jasa expedisi. Kemarin, karena tokonya masih berada di sekitaran jabodetabek, saya memilih menggunakan jasa kirim ojek online untuk menghemat biaya ongkos kirim. Untuk kalian yang berada di luar kota, pilihlah jasa expedisi yang paling kalian yakini bisa mengantarkan pesanan tanpa biaya tambahan.
  4. Handpress ini tidak dijual bersama dengan matrasnya ya. Jadi kalian harus membeli matras sesuai kebutuhan kalian. Misal yang saya sebut di atas, saya hanya membeli matras untuk paku centang 10mm dan mata ayam 8mm. Kalian bisa menambah koleksi jenis dan ukuran matras kalian seiring berjalannya waktu mengingat harga matras yang tidak bisa dibilang murah.
Sebagai info tambahan, saya membeli handpress ini di tokopedia dengan harga Rp299.000 pada awal April 2018. (saat ini kemungkinan sudah berubah harga, hehe)

Sekian cerita saya kali ini tentang handpress. Semoga bermanfaat ya untuk kalian yang mungkin sedang galau ingin membeli handpress yang mana atau bagi kalian yang sedang mencari tau apa saja fungsi handpress ini.

Salam,